materi

1.         BUKU BELAJAR & PEMBELAJARAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENGERTIAN BELAJAR & PEMBELAJARAN

  1. Pengertian Belajar
    1. Belajar sebagai Perubahan Tingkah Laku
    2. Ranah Tingkah Laku Bloom
    3. Taksonomi Tingkah Laku Bloom
  2. Pengertian Pembelajaran
  3. Tujuan Belajar & Pembelajaran

BAB II  KARAKTERISTIK BELAJAR & PEMBELAJARAN

  1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar & Pembelajaran
    1. Pengaruh Budaya
    2. Pengaruh Sejarah
    3. Hambatan Praktis
    4. Proses Belajar
  2. Prinsip-prinsip Belajar & Pembelajaran

BAB III UNSUR-UNSUR DINAMIS BELAJAR & PEMBELAJARAN

  1. Dinamika Guru dalam Pembelajaran
  2. Dinamika Siswa dalam Belajar

BAB IV TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN

  1. Teori Konstruktivistik
  2. Teori Perkembangan Kognitif-Piget
  3. Teori Pemrosesan Informasi
  4. Teori Belajar Bermakna (David Ausubel)
  5. Teori Penemuan (Jerome Bruner)
  6. Teori Pembelajaran Sosial (Vygotsky)
  7. Teori Belajar Tingkah Laku (Albert Bandura)

BAB V MOTIVASI DALAM BELAJAR

  1. Pengertian Motivasi
  2. Motivasi dalam Pembelajaran
  3. Motivasi & Prestasi Belajar Siswa
  4. Sumber-sumber Motivasi Belajar Siswa

 

 

BAB VI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

  1. Problem Based Learning
  2. Cooperative Learning
  3. Quantum Learning

BAB VII METODE-METODE PEMBELAJARAN

  1. Pengertian Metode Pembelajaran
  2. Prinsip, Teknik dan Manajemen Pembelajaran
  3. Berbagai Metode Pembelajaran
    1. CTL
    2. Inquiry
    3. Problem Solving
    4. Studi Kasus
    5. STAD
    6. Tim Ahli
    7. Investigasi Kelompok
    8. Simulasi
    9. Role Playing

10. Portofolio

11. Ceramah

12. Diskusi Kelompok

13. Tanya Jawab

  1. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

BAB VIII MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Makna Merumuskan Tujuan Pembelajaran
  2. Pengertian Tujuan Pembelajaran

BAB IX KOMUNIKASI DALAM BELAJAR & PEMBELAJARAN

  1. Definisi Komunikasi
  2. Model-model Komunikasi
  3. Fungsi Komunikasi
  4. Unsur-unsur Komunikasi
  5. Hambatan Komunikasi
  6. Arah Komunikasi
  7. Jenis-jenis Komunikasi
  8. Guru & Komunikasi dalam Belajar & Pembelajaran

BAB X MEDIA DALAM BELAJAR & PEMBELAJARAN

  1. Pengertian Media dalam Belajar Pembelajaran
  2. Manfaat Media dalam Belajar Pembelajaran
  3. Jenis-jenis Media dalam Belajar Pembelajaran
  4. Kriteria Media Belajar Pembelajaran yang Baik

BAB XI MENYIAPKAN BAHAN PEMBELAJARAN

  1. Pengertian Bahan Pembelajaran
  2. Perbedaan Bahan Pembelajaran dengan Buku Teks
  3. Manfaat Bahan Pembelajaran
  4. Kriteria Bahan Pembelajaran yang Baik
  5. Strategi Menyusun Bahan Pembelajaran

BAB XII PENGELOLAAN KELAS

  1. Pengertian Pengelolaan Kelas
  2. Tujuan Pengelolaan Kelas
  3. Aspek-Aspek Kelas yang Harus Dikelola dan Manfaatnya

BAB XIII EVALUASI BELAJAR

  1. Kegunaan Evaluasi Belajar
  2. Tes Sumatif dan Tes Formatif
  3. Kriteria Tes yang Baik
  4. Patokan Acuan Norma dan Patokan Acuan Kriteria
  5. Metode Evaluasi

BAB XIV MEMBUAT PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

  1. Pengertian RPP
  2. Isi RPP
  3. Rujukan Utama Menyusun RPP
  4. Manfaat RPP
  5. Bagian-bagian RPP
  6. Berbagai Model RPP

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      BUKU STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PKN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I MENGAJAR DAN BELAJAR DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN

  1. Hakikat Belajar Mengajar
  2. Ciri-ciri Belajar Mengajar
  3. Perubahan Paradigma Mengajar
  4. Makna Mengajar dalam Standar Proses Pendidikan

BAB II KARAKTERISTIK STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

  1. Pengertian Strategi, Metode dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Jenis-jenis Strategi Pembelajaran
  3. Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran
  4. Prinsip-prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran

BAB III BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR MENGAJAR

  1. Pendekatan Individual
  2. Pendekatan Kelompok
  3. Pendekatan Bervariasi
  4. Pendekatan Edukatif
  5. Pendekatan Keagamaan
  6. Pendekatan Kebermaknaan

BAB IV STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI

  1. Konsep dan Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori
  2. Prosedur Pelaksanaan Strategi Ekspositori
  3. Keunggulan dan Kelemahan Strategi Ekspositori

 

BAB V STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI

  1. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Inkuiri
  2. Prinsip-prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri
  3. Langkah Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri
  4. Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial
  5. Kesulitan-kesulitan Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri
  6. Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri

 

BAB VI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  1. Konsep Dasar dan Karakteristik SPBM
  2. Hakekat Masalah dalam SPBM
  3. Tahapan-tahapan SPBM
  4. Keunggulan dan Kelemahan SPBM

BAB VII STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB)

  1. Hakekat dan Pengertian Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
  2. Latar Belakang Filosofis dan Psikologis SPPKB
  3. Hakekat Kemampuan Berpikir dalam SPPKB
  4. Karakteristik SPPKB
  5. Perbedaan SPPKB dengan Pembelajaran Konvensional
  6. Tahapan-tahapan Pembelajaran SPPKB

 

BAB VIII STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK)

  1. Konsep dan Strategi Pembelajaran Kooperatif
  2. Karakteristik dan Prinsip-prinsip SPK
  3. Prosedur Pembelajaran Kooperatif
  4. Keunggulan dan Kelemahan SPK

 

BAB IX STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL)

  1. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Kontekstual
  2. Latar Belakang Filosofis dan Psikologis CTL
  3. Perbedaan CTL dengan Pembelajaran Konvensional
  4. Peran Guru dan Siswa dalam CTL
  5. Asaas-asas CTL
  6. Pola dan Tahapan Pembelajaran CTL

 

BAB XI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF

  1. Hakekat Nilai dan Sikap
  2. Proses Pembentukan Sikap
  3. Model Strategi Pembelajaran Sikap
  4. Kesulitan dalam Pembelajaran Afektif

BAB V STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PKN

DAFTAR PUSTAKA

 

3.      BUKU PENGANTAR PENDIDIKAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENGERTIAN PENDIDIKAN

  1. Definisi Pendidikan dalam Arti Luas       
  2. Definisi Pendidikan dalam Arti Sempit
  3. Definisi Pendidikan Alternatif atau Luas Terbatas

 

 

BAB II MANUSIA DAN PENDIDIKAN

  1. Pandangan Ilmiah tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya
  2. Pandangan Filosofis tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya

 

BAB III PANDANGAN PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA SEBAGAI ANIMAL EDUCANDUM

  1. Keharusan Pendidikan
  2. Kemungkinan Pendidikan
  3. Batas-batas Kemungkinan Pendidikan
  4. Kekeliruan-kekeliruan Pendidikan

BAB IV PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM

  1. Teori Sistem
  2. Analisis dan Pemetaan Pendidikan Nasional Sebagai Sebuah Sistem
  3. Analisis dan Pemetaan Sekolah Sebagai Sebuah Sistem

BAB V TEORI-TEORI PENDIDIKAN

  1. Teori Pendidikan
  2. Teori Umum Pendidikan
  3. Teori Khusus Pendidikan

BAB VI ALIRAN PENDIDIKAN DEVELOPMENTALISME

  1. Orientasi Umum
  2. Pestalozzi dan Pestalozzianisme
  3. Herbart dan Herbartianisme
  4. Froebel dan Froebelianisme

BAB VII ALIRAN PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN REKONSTRUKSIONALISME

  1. Progresivisme
  2. Rekonstruksionalisme Sosial

BAB VIII ALIRAN PENDIDIKAN ESENSIALISME DAN PERENNIALISME

  1. Esensialisme
  2. Perenialisme

BAB IX PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

  1. Karakteristik dan Faktor-faktor yang Mendorong Perlunya Pendidikan Seumur Hidup
  2. Kerangka Kerja Teoritis Pendidikan Seumur Hidup
  3. Kerangka kerja Operasional Pendidikan Seumur Hidup
  4. Implikasi Konsep Pendidikan Seumur Hidup Bagi Pendidikan Sekolah

 

DAFTAR PUSTAKA

 

4.      BUKU PROFESI KEPENDIDIKAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENGERTIAN PROFESI

  1. Definisi Profesi Secara Umum
  2. Kriteria Profesi Menurut Ahli
  3. Ragam Profesi Di Masyarakat

BAB II KONSEP PROFESI KEPENDIDIKAN

  1. Pengertian Profesi Kependidikan
  2. Syarat-syarat Profesi Kependidikan
  3. Kode Etik Profesi Keguruan
  4. Orgenisasi Profesional Keguruan

BAB III PROFESI GURU DITINJAU DARI UU GURU & DOSEN TAHUN 2005 NO. 14

  1. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru
  2. Guru Sebagai Agen Pembelajaran
  3. Kompetensi Pedagogik
  4. Kompetensi Kepribadian
  5. Kompetensi Sosial
  6. Kompetensi Profesional

BAB IV FENOMENA PROFESIONALISASI KEGURUAN

  1. Pendahuluan
  2. Guru Profesional dan Kurikulum
  3. Pendidikan dan Ekonomi Masyarakat
  4. Peningkatan Kesejahteraan Guru
  5. Guru Profesional Sebagai Pengendali Mutu Pendidikan
  6. Guru Profesional Sebagai Agen Budaya dan Moral

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

5.      BUKU PERENCANAAN PENGAJARAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I KONSEP DASAR PERENCANAAN PENGAJARAN

  1. Definisi Perencanaan
  2. Prencanaan Pengajaran
  3. Dasar Perlunya Perencanaan Pengajaran
  4. Prinsip-Prinsip Umum tentang Mengajar
  5. Tipe-Tipe Belajar

BAB II BEBERAPA HAL POKOK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

  1. Interaksi Belajar Mengajar
  2. Proses Belajar Mengajar Ditinjau dari Sudut Siswa
  3. Proses Belajar Mengajar Ditinjau dari Sudut Guru

BAB III VARIABEL PENGAJARAN

  1. Metode Pengajaran
  2. Kondisi Pengajaran
  3. Hasil Pengajaran

BAB IV PROGRAM PENGAJARAN DAN PELAKSANAAN

  1. Pengajaran sebagai Suatu Sistem
  2. Perencanaan Program Pengajaran
  3. Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Program Pengajaran

BAB V LANGKAH MENDESAIN PEMBELAJARAN

  1. Perlunya Penyiapan Rancangan Kegiatan Pembelajaran
  2. Bagaimana Menyusun Rancangan Kegiatan Pembelajaran
  3. Desain Pembelajaran Menurut Dick and Carrey

BAB VI PERUMUSAN TUJUAN PENGAJARAN

  1. Arti Tujuan Pengajaran
  2. Taksonomi Tujuan Pengajaran
  3. Format untuk Menulis Tujuan Pengajaran

BAB VII PENENTUAN MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  1. Penentuan Materi Pelajaran
  2. Penentuan Metode Mengajar
  3. Penentuan Kegiatan Belajar Mengajar

 

BAB VIII PEMILIHAN MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN

  1. Jenis-jenis Media yang dapat Digunakan
  2. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Media

BAB IX PEMILIHAN DAN MERANCANG EVALUASI

  1. Penentuan Pendekatan dan Cara Evaluasi
  2. Penyusunan Alat Evaluasi

 

BAB X PELAKSANAAN EVALUASI PENGAJARAN

  1. Penyiapan Program / Bahan Pengajaran
  2. Pelaksanaan Program Pengajaran

DAFTAR PUSTAKA

 

  1. F.         BUKU PENDIDIKAN PANCASILA

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDIDIKAN PANCASILA

  1. Manfaat Mempelajari Pendidikan Pancasila
  2. Asal Mula Pancasila
  3. Landasan Pendidikan Pancasila
  4. Tujuan Pendidikan Pancasila
  5. Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 12 Tahun 1968
  6. Tinjauan Pancasila dari Berbagai Segi
  7. Hakikat Nilai Sila-sila Pancasila
  8. Pancasila Suatu Pilihan Bangsa

BAB II PENDIDIKAN SEJARAH PANCASILA

  1. Sejarah Bangsa Indonesia
  2. Masa Kerajaan Nasional Di Indonesia
  3. Masa Penjajahan Belanda Di Indonesia
  4. Masa Penjajahan Jepang Di Indonesia
  5. Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
  6. Proses Perumusan Rancangan Undang-Undang Dasar
  7. Proses Perumusan Rancangan Hukum Dasar
  8. Pengesahan Pembukaan UUD 1945 & Dasar Negara
  9. Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
  10. Kondisi Kenegaraan Republik Indonesia Pasca Proklamasi Kemerdekaan

 

BAB III PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

  1. Pengertian Filsafat
  2. Mengapa Pancasila Disebut Filsafat
  3. Pengertian dan Ciri-ciri Sistem
  4. Pengertian Pancasila Sebagai Suatu Sistem Kefilsafatan
  5. Landasan Ontologis, Epistemologis, Aksiologis dan Antropologis Pancasila
  6. Tinjauan Filosofis terhadap Pancasila Sebagai Suatu Sistem Kefilsafatan

BAB IV PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

  1. Pengertian dan Unsur Ideologi
  2. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
  3. Perbandingan Ideologi Pancasila dengan Paham Ideologi Besar Dunia Lainnya

BAB V PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK

  1. Pengertian Etika, Nilai, Moral, Norma dan Kesusilaan
  2. Pengertian Etika Politik
  3. Pancasila sebagai Nilai Fundamental Bangsa dan Negara Indonesia
  4. Nilai-nilai Pancasila sebagai Sumber Etika
  5. Etika Politik dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

BAB VI PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN DALAM MASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA

  1. Pengertian Paradigma
  2. Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan dalam Berbagai Bidang
  3. Pancasila sebagai Paradigma Reformasi
  4. Aktualisasi Pelaksanaan Pancasila
  5. Budaya Akademik

BAB VII SEJARAH PENYUSUNAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945

  1. Tahap Persiapan
  2. Tahap Perencanaan
  3. Tahap Penetapan
  4. Undang-Undang Dasar 1945

BAB VIII MAKNA DAN HAKIKAT PEMBUKAAN UUD 1945

  1. Makna Pembukaan UUD 1945 Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia
  2. Hakekat dan Kedudukan Pembukaan UUD 1945
  3. Hubungan Antara Pokok-pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 dengan Pasal-pasal UUD 1945
  4. Hubungan Antara Pembukaan UUD 1945 dengan Pancasila
  5. Hubungan Antara Pembukaan UUD 1945 dengan Proklamasi 17 Agustus 1945

BAB IX STRUKTUR PEMERINTAHAN DAN KELEMBAGAAN NEGARA INDONESIA BERDASARKAN UUD 1945

  1. Penjabaran Demokrasi Menurut UUD 1945 dalam Sistem Ketatanegaraan Pasca Amandemen 2002
  2. Sistem Pemerintahan Negara Menurut UUD 1945
  3. Kelembagaan Negara Republik Indonesia

BAB XI HAK ASASI MANUSIA DALAM UUD 1945

  1. Pengertian Hak Asasi Manusia
  2. Macam-macam Hak Asasi Manusia
  3. Sejarah Perkembangan Hak Asasi Manusia
  4. Hak Asasi Manusia dalam UUD 1945 dan UDHR

BAB XII PERUBAHAN / AMANDEMEN UUD 1945

  1. Pengertian dan Tujuan Amandemen Undang-Undang Dasar
  2. Alasan-alasan Terjadinya Amandemen UUD 1945
  3. Hasil Amandemen UUD 1945
  4. Analisis Format, Substansi dan Yuridis Amandemen UUD 1945

DAFTAR PUSTAKA                                          

 

7.      BUKU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

  1. Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Sejarah Perkembangan Civics dan PKn
  3. Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan
  4. Paradigma Pembelajaran
  5. Kompetensi dalam Pendidikan Kewarganegaraan

BAB II IDENTITAS NASIONAL

  1. Pengertian Identitas Nasional
  2. Unsur Pembentuk Identitas Nasional
  3. Perjuangan Menjadi Satu Bangsa
  4. Proses Pembangun Negara Merdeka
  5. Konsep Pancasila Identitas Nasional
  6. Prinsip dan Nilai Pancasila Identitas Nasional
  7. Pemberdayaan Identitas Nasional

BAB III NEGARA

  1. Hakikat Pengertian Negara
  2. Tujuan Pembentukan Negara
  3. Unsur-Unsur Negara
  4. Teori Terbentuknya Negara
  5. Bentuk-Bentuk Negara
  6. Hubungan Agama dan Negara dalam Berbagai Ideologi
  7. Hubungan Agama dan Negara Di Indonesia
  8. Hakikat Negara sebagai Institusi yang dapat Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Sosial

BAB IV KEWARGANEGARAAN

  1. Konsep Dasar Kewarganegaraan
  2. Problematika Status Kewarganegaraan
  3. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006
  4. Kewarganegaraan Republik Indonesia
  5. Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia
  6. Hak dan Kewajiban Negara Republik Indonesia

BAB V KONSTITUSI

  1. Konsep Dasar Konstitusi
  2. Pentingnya Konstitusi dalam Suatu Negara
  3. Norma-norma Konstitusi Demokratis
  4. Sejarah Lahirnya Konstitusi Di Indonesia
  5. Perubahan Suatu Konstitusi
  6. Perubahan Konstitusi Di Indonesia
  7. Perubahan Konstitusi Di Beberapa Negara

BAB VI DEMOKRASI

  1. Pengertian dan Hakikat Demokrasi
  2. Ide Dasar Demokrasi
  3. Paham dan Prinsip Umum Demokrasi
  4. Sejarah Perkembangan Demokrasi di Barat
  5. Demokrasi Di Indonesia
  6. Gerak Pelaksanaan Demokrasi Di Indonesia
  7. Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi

BAB VII OTONOMI DAERAH

  1. Definisi, Tujuan dan Kendala Otonomi Daerah
  2. Kewenangan Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten / Kota
  3. Otonomi Daerah dalam Bidang Pendidikan
  4. Otonomi Daerah dan Demokratisasi
  5. Otonomi Daerah dan Pembangunan Daerah
  6. Otonomi Daerah dan Pilkada Langsung

BAB VIII GOOD GOVERNANCE

  1. Pengertian Good Goverment
  2. Urgensi Good Goverment dalam Penyelenggaraan Negara
  3. Aspek-aspek Fundamental Good Goverment dalam Penyelenggaraan Negara
  4. Good and Clean Goverment dan Kontrol Sosial
  5. Good and Clean Goverment dan Gerakan Anti Korupsi
  6. Pelaksanaan Sistem Pemerintahan yang Berbasis Good Goverment
  7. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Birokrasi
  8. Partisipasi Warga Negara dalam Menegakkan Good Goverment di Organisasi Publik (Pemerintah) dan Kemasyarakatan

BAB IX HAK ASASI MANUSIA (HAM)

  1. Pengertian Hak Asasi Manusia
  2. Hakikat dan Ciri-ciri Hak Asasi Manusia
  3. Perkembangan Hak Asasi Manusia
  4. Konsep Awal Hak Asasi Manusia
  5. Hak Asasi Manusia Di Indonesia
  6. Rule of Law
  7. Rule of Law Di Indonesia

BAB X MASYARAKAT MADANI

  1. Pengertian Masyarakat Madani
  2. Sejarah Pemikiran Masyarakat Madani
  3. Karakteristik Masyarakat Madani
  4. Masyarakat Madani Di Indonesia : Paradigma dan Praktik
  5. Gerakan Sosial untuk Memperkuat Masyarakat Madani
  6. Organisasi Nonpemerintah dalam Ranah Masyarakat Madani

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.      BUKU MEDIA PENDIDIKAN

 

KATA PENGANTAR

 

DAFTAR ISI

 

BAB I PENGERTIAN MEDIA

  1. Pendahuluan
  2. Pengertian Media
  3. Landasan Toeritis Penggunaan Media Pendidikan
  4. Ciri-ciri Media Pendidikan

 

BAB II MEDIA PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

  1. Perkembangan Media Pendidikan
  2. Proses Belajar Mengajar Sebagai Proses Komunikasi
  3. Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar

 

BAB III JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA

  1. Taksonomi Menurut Ahli
  2. Karakteristik Media

 

BAB IV PEMILIHAN MEDIA

  1. Media Jadi dan Media Rancangan
  2. Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
  3. Kriteria Pemilihan
  4. Model / Prosedur Pemilihan Media

 

BAB V PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA

  1. Media Berbasis Manusia
  2. Media Berbasis Cetakan
  3. Media Berbasis Visual
  4. Media Berbasis Audio-Visual
  5. Media Berbasis Komputer
  6. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar

 

BAB VI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN

  1. Penyusunan Rancangan
  2. Penulisan Naskah
  3. Produksi Media
  4. Evaluasi Program Media

 

BAB VII PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA

  1. Pola Pemanfaatan
  2. Strategi Pemanfaatan
  3. Contoh Kasus Penggunaan Media dalam Pendidikan

BAB VIII PERALATAN MEDIA

  1. Overhead Projector
  2. Microform Reader
  3. Proyektor Film Rangkai Film Strip Projector
  4. Proyektor Film Bingkai
  5. Proyektor Film Gelang
  6. Proyektor Film
  7. Peralatan Audio
  8. Video

 

BAB IX EVALUASI MEDIA PENDIDIKAN

  1. Kriteria Evaluasi Perangkat Lunak Berdasarkan Kualitas
  2. Model Draf Cek untuk Mereview dan Mengevaluasi Program Media Pendidikan

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

9.      BUKU SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I KARAKTERISTIK SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA

  1. Nasionalisme dan Pendidikan Nasional
  2. Karakteristik Sistem Pendidikan Nasional Indonesia
  3. Karakteristik Pendidikan

BAB II LANDASAN HISTORIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : PENDIDIKAN TRADISIONAL

  1. Pendidikan Hindu-Budha
  2. Pendidikan Islam Tradisional
  3. Pendidikan Katolik dan Protestan

BAB III LANDASAN HISTORIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DAN JEPANG

  1. Pendidikan Kolonial Belanda Abad 19 dan 20
  2. Pendidikan Kolonial Jepang

BAB IV PERINTIS-PERINTIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA

  1. Perguruan Taman Siswa (Ki Hajar Dewantara)
  2. Pendidikan INS Kayutanam (Muhammad Syafei)

 

BAB V LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA

  1. UUD 1945 Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
  2. Ketetapan MPR Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
  3. Undang-Undang Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
  4. Peraturan Pemerintah Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
  5. Keputusan Presiden Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
  6. Keputusan Menteri Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
  7. Instruksi Menteri Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional

BAB VI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : ZAMAN AWAL KEMERDEKAAN, DEMOKRASI LIBERAL DAN TERPIMPIN

  1. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1945 – 1950 (dari Proklamasi sampai RIS)
  2. Perkembangan Pendidikan Indonesia Tahun 1950 – 1959 (Demokrasi Liberal)
  3. Perkembangan Pendidikan Indonesia Merdeka Tahun 1959 – 1965 (Demokrasi Terpimpin)

BAB VII  PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : ZAMAN PERKEMBANGAN ORDE BARU

  1. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1966 – 1969 (Zaman Awal Orde Baru atau Transisi)
  2. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1969/1970 – 1993/1994 (Pembangunan Jangka Panjang I)
  3. Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1995/1996 – 1998/1999 (Awal Pembangunan Jangka Panjang II)

BAB VIII PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL

  1. Pembangunan Nasional
  2. Pendidikan Nasional
  3. Peranan Manusia dalam Pembangunan

BAB IX PENDIDIKAN MASA DEPAN

  1. Tantangan-tantangan dalam Abad 21
  2. Visi dalam Menghadapi Abad 21
  3. Prinsip-prinsip Pendidikan
  4. Arah Perkembangan Pendidikan
  5. Implikasi Bagi Pendidikan Indonesia

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

10.   BUKU PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

 

KATA PENGANTAR

 

DAFTAR ISI

 

BAB I KONSEP PERKEMBANGAN INDIVIDU

  1. Manfaat Mempelajari Perkembangan Individu Peserta Didik
  2. Konsep Perkembangan Individu
  3. Arti Perubahan dan Perkembangan
  4. Manifestasi dan Cara Pendekatan terhadap Perkembangan Individu

 

BAB II PROSES PERKEMBANGAN INDIVIDU

  1. Proses Perkembangan Individu
  2. Kecenderungan Arah Perkembangan Individu
  3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Individu
  4. Peran Kematangan dan Belajar dalam Perkembangan

 

BAB III TAHAPAN PERKEMBANGAN INDIVIDU

  1. Tahapan Perkembangan Individu
  2. Tugas-tugas Perkembangan Individu
  3. Beberapa Hukum Perkembangan Perilaku dan Pribadi serta Implikasinya Bagi Pendidikan
  4. Fakta Penting tentang Perkembangan

 

BAB IV PERKEMBANGAN FISIK DAN INTELEKTUAL ANAK

  1. Perkembangan Fisik Anak
  2. Perkembangan Intelektual Anak

 

BAB V PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL ANAK

  1. Perkembangan Emosi Anak
  2. Perkembangan Sosial Anak

 

BAB VI PERKEMBANGAN MORAL DAN KEAGAMAAN ANAK

  1. Perkembangan Moral Anak
  2. Perkembangan Penghayatan Keagamaan Anak

 

BAB VII PERKEMBANGAN FISIK DAN INTELEKTUAL REMAJA

  1. Perkembangan Fisik Remaja
  2. Perkembangan Intelektual Remaja

 

BAB VIII PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL REMAJA

  1. Perkembangan Emosi Remaja
  2. Perkembangan Sosial Remaja

 

 

BAB IX PERKEMBANGAN MORAL DAN KEAGAMAAN REMAJA

  1. Perkembangan Moral Remaja
  2. Perkembangan Penghayatan Keagamaan Remaja

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

11.   BUKU PENGANTAR PKN

 

KATA PENGANTAR

 

DAFTAR ISI

 

BAB I PENGERTIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  1. Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Pentingnya  Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Kompetensi dalam Pendidikan Kewarganegaraan

 

BAB II SEJARAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  1. Sejarah Perkembangan Civics dan PKn
  2. Civics and Goverment
  3. Civics, Civic Education dan Citizenship Education

 

BAB III PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI ISU DUNIA

  1. Permasalahan Kehidupan Bernegara Di Indonesia
  2. Dasar dan Tantangan Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Dunia
  3. Pilar-pilar Pendidikan Internasional
  4. Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Global

 

BAB IV PKN SEBAGAI PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU

  1. Disiplin Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Disiplin Ilmu
  2. Ilmu-ilmu Sosial dan Disiplin Ilmu Sosial
  3. PKn sebagai Tradisi Social Studies

 

BAB V STRUKTUR MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  1. Identitas Nasional
  2. Negara
  3. Kewarganegaraan
  4. Konstitusi
  5. Demokrasi
  6. Otonomi Daerah
  7. Good Goverment
  8. Hak Asasi Mnusia
  9. Masyarakat Madani

 

BAB VI TEORI KEWARGANEGARAAN

  1. Mengapa Warga Negara
  2. Kewarganegaraan sebagai Agenda Politik
  3. Teori Kewarganegaraan

 

BAB VII WARGA NEGARA

  1. Siapa Warga Negara
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Warga Global

 

BAB VIII LANDASAN DAN RASIONAL PKN DI INDONESIA

  1. Landasan PKn Di Indonesia
  2. Karakteristik dan Perkembangan PKn Di Indonesia
  3. Tujuan dan Materi PKn Di Indonesia
  4. Pendekatan, Metode dan Penilaian PKN Di Indonesia

 

DAFTAR PUSTAKA

 

12.   BUKU FILSAFAT PANCASILA

KATA PENGANTAR

 

DAFTAR ISI

 

BAB I ISI DAN ARTII FILSAFAT

  1. Pendekatan Etimologis
  2. Perkembangan Beberapa Aliran
  3. Pendekatan Objektif
  4. Definisi Akumulatif

 

BAB II DEFINISI FILSAFAT PANCASILA

  1. Pengertian Pancasila sebagai Sistem Filsafat
  2. Mengapa Pancasila Disebut Filasafat
  3. Landasan Ontologis, Epistemologis, Aksiologis dan Antropologis Pancasila

 

BAB III SEJARAH PANCASILA

  1. Nama Pancasila
  2. Sejarah Terjadinya Pancasila
  3. Tempat Pancasila
  4. Rumusan Pancasila

 

 

 

 

 

BAB IV PANCASILA SEBAGAI TRADISI DAN PEMBAHARUAN

  1. Tradisi dan Pembaharuan dalam Kebudayaan
  2. Tahap-tahap Kebudayaan
  3. Kebudayaan Indonesia sebagai Sumber Pancasila
  4. Pancasila sebagai Pencerminan Pembaharuan

BAB V PERGERAKAN NASIONAL SEBAGAI LATAR BELAKANG HISTORIS PERUMUSAN PANCASILA

  1. Perjuangan Kemerdekaan dan Keagamaan
  2. Perjuangan Kemerdekaan Menuju Kesetaraan Antar Bangsa
  3. Perjuangan Menuju Terbentuknya Negara Nasional Indonesia
  4. Perjuangan Menuju Kedaulatan Rakyat
  5. Perjuangan Menuju Keadilan Sosial

 

BAB VI ISI RUMUSAN SILA-SILA PANCASILA

  1. Isi Pancasila Dirumuskan Secara Ilmiah
  2. Isi Pancasila Dirumuskan Secara Konkrit

 

BAB VII BUTIR-BUTIR YANG TERKANDUNG DALAM SILA-SILA PANCASILA

 

BAB VIII REFLEKSI ATAS MUATAN SILA-SILA PANCASILA

  1. Muatan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Muatan Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Muatan Sila Persatuan Indonesia
  4. Muatan Sila Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan
  5. Muatan Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU EVALUASI PENGAJARAN PKN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: