1. BUKU BELAJAR & PEMBELAJARAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENGERTIAN BELAJAR & PEMBELAJARAN
- Pengertian Belajar
- Belajar sebagai Perubahan Tingkah Laku
- Ranah Tingkah Laku Bloom
- Taksonomi Tingkah Laku Bloom
- Pengertian Pembelajaran
- Tujuan Belajar & Pembelajaran
BAB II KARAKTERISTIK BELAJAR & PEMBELAJARAN
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar & Pembelajaran
- Pengaruh Budaya
- Pengaruh Sejarah
- Hambatan Praktis
- Proses Belajar
- Prinsip-prinsip Belajar & Pembelajaran
BAB III UNSUR-UNSUR DINAMIS BELAJAR & PEMBELAJARAN
- Dinamika Guru dalam Pembelajaran
- Dinamika Siswa dalam Belajar
BAB IV TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN
- Teori Konstruktivistik
- Teori Perkembangan Kognitif-Piget
- Teori Pemrosesan Informasi
- Teori Belajar Bermakna (David Ausubel)
- Teori Penemuan (Jerome Bruner)
- Teori Pembelajaran Sosial (Vygotsky)
- Teori Belajar Tingkah Laku (Albert Bandura)
BAB V MOTIVASI DALAM BELAJAR
- Pengertian Motivasi
- Motivasi dalam Pembelajaran
- Motivasi & Prestasi Belajar Siswa
- Sumber-sumber Motivasi Belajar Siswa
BAB VI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
- Problem Based Learning
- Cooperative Learning
- Quantum Learning
BAB VII METODE-METODE PEMBELAJARAN
- Pengertian Metode Pembelajaran
- Prinsip, Teknik dan Manajemen Pembelajaran
- Berbagai Metode Pembelajaran
- CTL
- Inquiry
- Problem Solving
- Studi Kasus
- STAD
- Tim Ahli
- Investigasi Kelompok
- Simulasi
- Role Playing
10. Portofolio
11. Ceramah
12. Diskusi Kelompok
13. Tanya Jawab
- Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat
BAB VIII MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN
- Makna Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Pengertian Tujuan Pembelajaran
BAB IX KOMUNIKASI DALAM BELAJAR & PEMBELAJARAN
- Definisi Komunikasi
- Model-model Komunikasi
- Fungsi Komunikasi
- Unsur-unsur Komunikasi
- Hambatan Komunikasi
- Arah Komunikasi
- Jenis-jenis Komunikasi
- Guru & Komunikasi dalam Belajar & Pembelajaran
BAB X MEDIA DALAM BELAJAR & PEMBELAJARAN
- Pengertian Media dalam Belajar Pembelajaran
- Manfaat Media dalam Belajar Pembelajaran
- Jenis-jenis Media dalam Belajar Pembelajaran
- Kriteria Media Belajar Pembelajaran yang Baik
BAB XI MENYIAPKAN BAHAN PEMBELAJARAN
- Pengertian Bahan Pembelajaran
- Perbedaan Bahan Pembelajaran dengan Buku Teks
- Manfaat Bahan Pembelajaran
- Kriteria Bahan Pembelajaran yang Baik
- Strategi Menyusun Bahan Pembelajaran
BAB XII PENGELOLAAN KELAS
- Pengertian Pengelolaan Kelas
- Tujuan Pengelolaan Kelas
- Aspek-Aspek Kelas yang Harus Dikelola dan Manfaatnya
BAB XIII EVALUASI BELAJAR
- Kegunaan Evaluasi Belajar
- Tes Sumatif dan Tes Formatif
- Kriteria Tes yang Baik
- Patokan Acuan Norma dan Patokan Acuan Kriteria
- Metode Evaluasi
BAB XIV MEMBUAT PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN
- Pengertian RPP
- Isi RPP
- Rujukan Utama Menyusun RPP
- Manfaat RPP
- Bagian-bagian RPP
- Berbagai Model RPP
DAFTAR PUSTAKA
2. BUKU STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PKN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I MENGAJAR DAN BELAJAR DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
- Hakikat Belajar Mengajar
- Ciri-ciri Belajar Mengajar
- Perubahan Paradigma Mengajar
- Makna Mengajar dalam Standar Proses Pendidikan
BAB II KARAKTERISTIK STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
- Pengertian Strategi, Metode dan Pendekatan Pembelajaran
- Jenis-jenis Strategi Pembelajaran
- Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran
- Prinsip-prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran
BAB III BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR MENGAJAR
- Pendekatan Individual
- Pendekatan Kelompok
- Pendekatan Bervariasi
- Pendekatan Edukatif
- Pendekatan Keagamaan
- Pendekatan Kebermaknaan
BAB IV STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI
- Konsep dan Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori
- Prosedur Pelaksanaan Strategi Ekspositori
- Keunggulan dan Kelemahan Strategi Ekspositori
BAB V STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI
- Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Inkuiri
- Prinsip-prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri
- Langkah Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri
- Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial
- Kesulitan-kesulitan Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri
- Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri
BAB VI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
- Konsep Dasar dan Karakteristik SPBM
- Hakekat Masalah dalam SPBM
- Tahapan-tahapan SPBM
- Keunggulan dan Kelemahan SPBM
BAB VII STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB)
- Hakekat dan Pengertian Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
- Latar Belakang Filosofis dan Psikologis SPPKB
- Hakekat Kemampuan Berpikir dalam SPPKB
- Karakteristik SPPKB
- Perbedaan SPPKB dengan Pembelajaran Konvensional
- Tahapan-tahapan Pembelajaran SPPKB
BAB VIII STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK)
- Konsep dan Strategi Pembelajaran Kooperatif
- Karakteristik dan Prinsip-prinsip SPK
- Prosedur Pembelajaran Kooperatif
- Keunggulan dan Kelemahan SPK
BAB IX STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL)
- Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Kontekstual
- Latar Belakang Filosofis dan Psikologis CTL
- Perbedaan CTL dengan Pembelajaran Konvensional
- Peran Guru dan Siswa dalam CTL
- Asaas-asas CTL
- Pola dan Tahapan Pembelajaran CTL
BAB XI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF
- Hakekat Nilai dan Sikap
- Proses Pembentukan Sikap
- Model Strategi Pembelajaran Sikap
- Kesulitan dalam Pembelajaran Afektif
BAB V STRATEGI BELAJAR MENGAJAR PKN
DAFTAR PUSTAKA
3. BUKU PENGANTAR PENDIDIKAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENGERTIAN PENDIDIKAN
- Definisi Pendidikan dalam Arti Luas
- Definisi Pendidikan dalam Arti Sempit
- Definisi Pendidikan Alternatif atau Luas Terbatas
BAB II MANUSIA DAN PENDIDIKAN
- Pandangan Ilmiah tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya
- Pandangan Filosofis tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya
BAB III PANDANGAN PENDIDIKAN TENTANG MANUSIA SEBAGAI ANIMAL EDUCANDUM
- Keharusan Pendidikan
- Kemungkinan Pendidikan
- Batas-batas Kemungkinan Pendidikan
- Kekeliruan-kekeliruan Pendidikan
BAB IV PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
- Teori Sistem
- Analisis dan Pemetaan Pendidikan Nasional Sebagai Sebuah Sistem
- Analisis dan Pemetaan Sekolah Sebagai Sebuah Sistem
BAB V TEORI-TEORI PENDIDIKAN
- Teori Pendidikan
- Teori Umum Pendidikan
- Teori Khusus Pendidikan
BAB VI ALIRAN PENDIDIKAN DEVELOPMENTALISME
- Orientasi Umum
- Pestalozzi dan Pestalozzianisme
- Herbart dan Herbartianisme
- Froebel dan Froebelianisme
BAB VII ALIRAN PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN REKONSTRUKSIONALISME
- Progresivisme
- Rekonstruksionalisme Sosial
BAB VIII ALIRAN PENDIDIKAN ESENSIALISME DAN PERENNIALISME
- Esensialisme
- Perenialisme
BAB IX PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
- Karakteristik dan Faktor-faktor yang Mendorong Perlunya Pendidikan Seumur Hidup
- Kerangka Kerja Teoritis Pendidikan Seumur Hidup
- Kerangka kerja Operasional Pendidikan Seumur Hidup
- Implikasi Konsep Pendidikan Seumur Hidup Bagi Pendidikan Sekolah
DAFTAR PUSTAKA
4. BUKU PROFESI KEPENDIDIKAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENGERTIAN PROFESI
- Definisi Profesi Secara Umum
- Kriteria Profesi Menurut Ahli
- Ragam Profesi Di Masyarakat
BAB II KONSEP PROFESI KEPENDIDIKAN
- Pengertian Profesi Kependidikan
- Syarat-syarat Profesi Kependidikan
- Kode Etik Profesi Keguruan
- Orgenisasi Profesional Keguruan
BAB III PROFESI GURU DITINJAU DARI UU GURU & DOSEN TAHUN 2005 NO. 14
- Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru
- Guru Sebagai Agen Pembelajaran
- Kompetensi Pedagogik
- Kompetensi Kepribadian
- Kompetensi Sosial
- Kompetensi Profesional
BAB IV FENOMENA PROFESIONALISASI KEGURUAN
- Pendahuluan
- Guru Profesional dan Kurikulum
- Pendidikan dan Ekonomi Masyarakat
- Peningkatan Kesejahteraan Guru
- Guru Profesional Sebagai Pengendali Mutu Pendidikan
- Guru Profesional Sebagai Agen Budaya dan Moral
DAFTAR PUSTAKA
5. BUKU PERENCANAAN PENGAJARAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I KONSEP DASAR PERENCANAAN PENGAJARAN
- Definisi Perencanaan
- Prencanaan Pengajaran
- Dasar Perlunya Perencanaan Pengajaran
- Prinsip-Prinsip Umum tentang Mengajar
- Tipe-Tipe Belajar
BAB II BEBERAPA HAL POKOK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
- Interaksi Belajar Mengajar
- Proses Belajar Mengajar Ditinjau dari Sudut Siswa
- Proses Belajar Mengajar Ditinjau dari Sudut Guru
BAB III VARIABEL PENGAJARAN
- Metode Pengajaran
- Kondisi Pengajaran
- Hasil Pengajaran
BAB IV PROGRAM PENGAJARAN DAN PELAKSANAAN
- Pengajaran sebagai Suatu Sistem
- Perencanaan Program Pengajaran
- Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Program Pengajaran
BAB V LANGKAH MENDESAIN PEMBELAJARAN
- Perlunya Penyiapan Rancangan Kegiatan Pembelajaran
- Bagaimana Menyusun Rancangan Kegiatan Pembelajaran
- Desain Pembelajaran Menurut Dick and Carrey
BAB VI PERUMUSAN TUJUAN PENGAJARAN
- Arti Tujuan Pengajaran
- Taksonomi Tujuan Pengajaran
- Format untuk Menulis Tujuan Pengajaran
BAB VII PENENTUAN MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
- Penentuan Materi Pelajaran
- Penentuan Metode Mengajar
- Penentuan Kegiatan Belajar Mengajar
BAB VIII PEMILIHAN MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN
- Jenis-jenis Media yang dapat Digunakan
- Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilihan Media
BAB IX PEMILIHAN DAN MERANCANG EVALUASI
- Penentuan Pendekatan dan Cara Evaluasi
- Penyusunan Alat Evaluasi
BAB X PELAKSANAAN EVALUASI PENGAJARAN
- Penyiapan Program / Bahan Pengajaran
- Pelaksanaan Program Pengajaran
DAFTAR PUSTAKA
- F. BUKU PENDIDIKAN PANCASILA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDIDIKAN PANCASILA
- Manfaat Mempelajari Pendidikan Pancasila
- Asal Mula Pancasila
- Landasan Pendidikan Pancasila
- Tujuan Pendidikan Pancasila
- Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 12 Tahun 1968
- Tinjauan Pancasila dari Berbagai Segi
- Hakikat Nilai Sila-sila Pancasila
- Pancasila Suatu Pilihan Bangsa
BAB II PENDIDIKAN SEJARAH PANCASILA
- Sejarah Bangsa Indonesia
- Masa Kerajaan Nasional Di Indonesia
- Masa Penjajahan Belanda Di Indonesia
- Masa Penjajahan Jepang Di Indonesia
- Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
- Proses Perumusan Rancangan Undang-Undang Dasar
- Proses Perumusan Rancangan Hukum Dasar
- Pengesahan Pembukaan UUD 1945 & Dasar Negara
- Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
- Kondisi Kenegaraan Republik Indonesia Pasca Proklamasi Kemerdekaan
BAB III PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
- Pengertian Filsafat
- Mengapa Pancasila Disebut Filsafat
- Pengertian dan Ciri-ciri Sistem
- Pengertian Pancasila Sebagai Suatu Sistem Kefilsafatan
- Landasan Ontologis, Epistemologis, Aksiologis dan Antropologis Pancasila
- Tinjauan Filosofis terhadap Pancasila Sebagai Suatu Sistem Kefilsafatan
BAB IV PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
- Pengertian dan Unsur Ideologi
- Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
- Perbandingan Ideologi Pancasila dengan Paham Ideologi Besar Dunia Lainnya
BAB V PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
- Pengertian Etika, Nilai, Moral, Norma dan Kesusilaan
- Pengertian Etika Politik
- Pancasila sebagai Nilai Fundamental Bangsa dan Negara Indonesia
- Nilai-nilai Pancasila sebagai Sumber Etika
- Etika Politik dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
BAB VI PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN DALAM MASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
- Pengertian Paradigma
- Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan dalam Berbagai Bidang
- Pancasila sebagai Paradigma Reformasi
- Aktualisasi Pelaksanaan Pancasila
- Budaya Akademik
BAB VII SEJARAH PENYUSUNAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945
- Tahap Persiapan
- Tahap Perencanaan
- Tahap Penetapan
- Undang-Undang Dasar 1945
BAB VIII MAKNA DAN HAKIKAT PEMBUKAAN UUD 1945
- Makna Pembukaan UUD 1945 Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia
- Hakekat dan Kedudukan Pembukaan UUD 1945
- Hubungan Antara Pokok-pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 dengan Pasal-pasal UUD 1945
- Hubungan Antara Pembukaan UUD 1945 dengan Pancasila
- Hubungan Antara Pembukaan UUD 1945 dengan Proklamasi 17 Agustus 1945
BAB IX STRUKTUR PEMERINTAHAN DAN KELEMBAGAAN NEGARA INDONESIA BERDASARKAN UUD 1945
- Penjabaran Demokrasi Menurut UUD 1945 dalam Sistem Ketatanegaraan Pasca Amandemen 2002
- Sistem Pemerintahan Negara Menurut UUD 1945
- Kelembagaan Negara Republik Indonesia
BAB XI HAK ASASI MANUSIA DALAM UUD 1945
- Pengertian Hak Asasi Manusia
- Macam-macam Hak Asasi Manusia
- Sejarah Perkembangan Hak Asasi Manusia
- Hak Asasi Manusia dalam UUD 1945 dan UDHR
BAB XII PERUBAHAN / AMANDEMEN UUD 1945
- Pengertian dan Tujuan Amandemen Undang-Undang Dasar
- Alasan-alasan Terjadinya Amandemen UUD 1945
- Hasil Amandemen UUD 1945
- Analisis Format, Substansi dan Yuridis Amandemen UUD 1945
DAFTAR PUSTAKA
7. BUKU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
- Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
- Sejarah Perkembangan Civics dan PKn
- Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan
- Paradigma Pembelajaran
- Kompetensi dalam Pendidikan Kewarganegaraan
BAB II IDENTITAS NASIONAL
- Pengertian Identitas Nasional
- Unsur Pembentuk Identitas Nasional
- Perjuangan Menjadi Satu Bangsa
- Proses Pembangun Negara Merdeka
- Konsep Pancasila Identitas Nasional
- Prinsip dan Nilai Pancasila Identitas Nasional
- Pemberdayaan Identitas Nasional
BAB III NEGARA
- Hakikat Pengertian Negara
- Tujuan Pembentukan Negara
- Unsur-Unsur Negara
- Teori Terbentuknya Negara
- Bentuk-Bentuk Negara
- Hubungan Agama dan Negara dalam Berbagai Ideologi
- Hubungan Agama dan Negara Di Indonesia
- Hakikat Negara sebagai Institusi yang dapat Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Sosial
BAB IV KEWARGANEGARAAN
- Konsep Dasar Kewarganegaraan
- Problematika Status Kewarganegaraan
- Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006
- Kewarganegaraan Republik Indonesia
- Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia
- Hak dan Kewajiban Negara Republik Indonesia
BAB V KONSTITUSI
- Konsep Dasar Konstitusi
- Pentingnya Konstitusi dalam Suatu Negara
- Norma-norma Konstitusi Demokratis
- Sejarah Lahirnya Konstitusi Di Indonesia
- Perubahan Suatu Konstitusi
- Perubahan Konstitusi Di Indonesia
- Perubahan Konstitusi Di Beberapa Negara
BAB VI DEMOKRASI
- Pengertian dan Hakikat Demokrasi
- Ide Dasar Demokrasi
- Paham dan Prinsip Umum Demokrasi
- Sejarah Perkembangan Demokrasi di Barat
- Demokrasi Di Indonesia
- Gerak Pelaksanaan Demokrasi Di Indonesia
- Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi
BAB VII OTONOMI DAERAH
- Definisi, Tujuan dan Kendala Otonomi Daerah
- Kewenangan Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten / Kota
- Otonomi Daerah dalam Bidang Pendidikan
- Otonomi Daerah dan Demokratisasi
- Otonomi Daerah dan Pembangunan Daerah
- Otonomi Daerah dan Pilkada Langsung
BAB VIII GOOD GOVERNANCE
- Pengertian Good Goverment
- Urgensi Good Goverment dalam Penyelenggaraan Negara
- Aspek-aspek Fundamental Good Goverment dalam Penyelenggaraan Negara
- Good and Clean Goverment dan Kontrol Sosial
- Good and Clean Goverment dan Gerakan Anti Korupsi
- Pelaksanaan Sistem Pemerintahan yang Berbasis Good Goverment
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Birokrasi
- Partisipasi Warga Negara dalam Menegakkan Good Goverment di Organisasi Publik (Pemerintah) dan Kemasyarakatan
BAB IX HAK ASASI MANUSIA (HAM)
- Pengertian Hak Asasi Manusia
- Hakikat dan Ciri-ciri Hak Asasi Manusia
- Perkembangan Hak Asasi Manusia
- Konsep Awal Hak Asasi Manusia
- Hak Asasi Manusia Di Indonesia
- Rule of Law
- Rule of Law Di Indonesia
BAB X MASYARAKAT MADANI
- Pengertian Masyarakat Madani
- Sejarah Pemikiran Masyarakat Madani
- Karakteristik Masyarakat Madani
- Masyarakat Madani Di Indonesia : Paradigma dan Praktik
- Gerakan Sosial untuk Memperkuat Masyarakat Madani
- Organisasi Nonpemerintah dalam Ranah Masyarakat Madani
DAFTAR PUSTAKA
8. BUKU MEDIA PENDIDIKAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENGERTIAN MEDIA
- Pendahuluan
- Pengertian Media
- Landasan Toeritis Penggunaan Media Pendidikan
- Ciri-ciri Media Pendidikan
BAB II MEDIA PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
- Perkembangan Media Pendidikan
- Proses Belajar Mengajar Sebagai Proses Komunikasi
- Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar
BAB III JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA
- Taksonomi Menurut Ahli
- Karakteristik Media
BAB IV PEMILIHAN MEDIA
- Media Jadi dan Media Rancangan
- Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
- Kriteria Pemilihan
- Model / Prosedur Pemilihan Media
BAB V PRINSIP-PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA
- Media Berbasis Manusia
- Media Berbasis Cetakan
- Media Berbasis Visual
- Media Berbasis Audio-Visual
- Media Berbasis Komputer
- Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar
BAB VI PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN
- Penyusunan Rancangan
- Penulisan Naskah
- Produksi Media
- Evaluasi Program Media
BAB VII PEMANFAATAN PROGRAM MEDIA
- Pola Pemanfaatan
- Strategi Pemanfaatan
- Contoh Kasus Penggunaan Media dalam Pendidikan
BAB VIII PERALATAN MEDIA
- Overhead Projector
- Microform Reader
- Proyektor Film Rangkai Film Strip Projector
- Proyektor Film Bingkai
- Proyektor Film Gelang
- Proyektor Film
- Peralatan Audio
- Video
BAB IX EVALUASI MEDIA PENDIDIKAN
- Kriteria Evaluasi Perangkat Lunak Berdasarkan Kualitas
- Model Draf Cek untuk Mereview dan Mengevaluasi Program Media Pendidikan
DAFTAR PUSTAKA
9. BUKU SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I KARAKTERISTIK SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
- Nasionalisme dan Pendidikan Nasional
- Karakteristik Sistem Pendidikan Nasional Indonesia
- Karakteristik Pendidikan
BAB II LANDASAN HISTORIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : PENDIDIKAN TRADISIONAL
- Pendidikan Hindu-Budha
- Pendidikan Islam Tradisional
- Pendidikan Katolik dan Protestan
BAB III LANDASAN HISTORIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DAN JEPANG
- Pendidikan Kolonial Belanda Abad 19 dan 20
- Pendidikan Kolonial Jepang
BAB IV PERINTIS-PERINTIS SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
- Perguruan Taman Siswa (Ki Hajar Dewantara)
- Pendidikan INS Kayutanam (Muhammad Syafei)
BAB V LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
- UUD 1945 Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
- Ketetapan MPR Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
- Undang-Undang Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
- Peraturan Pemerintah Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
- Keputusan Presiden Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
- Keputusan Menteri Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
- Instruksi Menteri Sebagai Landasan Yuridis Sistem Pendidikan Nasional
BAB VI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : ZAMAN AWAL KEMERDEKAAN, DEMOKRASI LIBERAL DAN TERPIMPIN
- Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1945 – 1950 (dari Proklamasi sampai RIS)
- Perkembangan Pendidikan Indonesia Tahun 1950 – 1959 (Demokrasi Liberal)
- Perkembangan Pendidikan Indonesia Merdeka Tahun 1959 – 1965 (Demokrasi Terpimpin)
BAB VII PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA : ZAMAN PERKEMBANGAN ORDE BARU
- Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1966 – 1969 (Zaman Awal Orde Baru atau Transisi)
- Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1969/1970 – 1993/1994 (Pembangunan Jangka Panjang I)
- Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia Tahun 1995/1996 – 1998/1999 (Awal Pembangunan Jangka Panjang II)
BAB VIII PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL
- Pembangunan Nasional
- Pendidikan Nasional
- Peranan Manusia dalam Pembangunan
BAB IX PENDIDIKAN MASA DEPAN
- Tantangan-tantangan dalam Abad 21
- Visi dalam Menghadapi Abad 21
- Prinsip-prinsip Pendidikan
- Arah Perkembangan Pendidikan
- Implikasi Bagi Pendidikan Indonesia
DAFTAR PUSTAKA
10. BUKU PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I KONSEP PERKEMBANGAN INDIVIDU
- Manfaat Mempelajari Perkembangan Individu Peserta Didik
- Konsep Perkembangan Individu
- Arti Perubahan dan Perkembangan
- Manifestasi dan Cara Pendekatan terhadap Perkembangan Individu
BAB II PROSES PERKEMBANGAN INDIVIDU
- Proses Perkembangan Individu
- Kecenderungan Arah Perkembangan Individu
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Individu
- Peran Kematangan dan Belajar dalam Perkembangan
BAB III TAHAPAN PERKEMBANGAN INDIVIDU
- Tahapan Perkembangan Individu
- Tugas-tugas Perkembangan Individu
- Beberapa Hukum Perkembangan Perilaku dan Pribadi serta Implikasinya Bagi Pendidikan
- Fakta Penting tentang Perkembangan
BAB IV PERKEMBANGAN FISIK DAN INTELEKTUAL ANAK
- Perkembangan Fisik Anak
- Perkembangan Intelektual Anak
BAB V PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL ANAK
- Perkembangan Emosi Anak
- Perkembangan Sosial Anak
BAB VI PERKEMBANGAN MORAL DAN KEAGAMAAN ANAK
- Perkembangan Moral Anak
- Perkembangan Penghayatan Keagamaan Anak
BAB VII PERKEMBANGAN FISIK DAN INTELEKTUAL REMAJA
- Perkembangan Fisik Remaja
- Perkembangan Intelektual Remaja
BAB VIII PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL REMAJA
- Perkembangan Emosi Remaja
- Perkembangan Sosial Remaja
BAB IX PERKEMBANGAN MORAL DAN KEAGAMAAN REMAJA
- Perkembangan Moral Remaja
- Perkembangan Penghayatan Keagamaan Remaja
DAFTAR PUSTAKA
11. BUKU PENGANTAR PKN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENGERTIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
- Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan
- Kompetensi dalam Pendidikan Kewarganegaraan
BAB II SEJARAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Sejarah Perkembangan Civics dan PKn
- Civics and Goverment
- Civics, Civic Education dan Citizenship Education
BAB III PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI ISU DUNIA
- Permasalahan Kehidupan Bernegara Di Indonesia
- Dasar dan Tantangan Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Dunia
- Pilar-pilar Pendidikan Internasional
- Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Global
BAB IV PKN SEBAGAI PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
- Disiplin Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Disiplin Ilmu
- Ilmu-ilmu Sosial dan Disiplin Ilmu Sosial
- PKn sebagai Tradisi Social Studies
BAB V STRUKTUR MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
- Identitas Nasional
- Negara
- Kewarganegaraan
- Konstitusi
- Demokrasi
- Otonomi Daerah
- Good Goverment
- Hak Asasi Mnusia
- Masyarakat Madani
BAB VI TEORI KEWARGANEGARAAN
- Mengapa Warga Negara
- Kewarganegaraan sebagai Agenda Politik
- Teori Kewarganegaraan
BAB VII WARGA NEGARA
- Siapa Warga Negara
- Warga Negara Indonesia
- Warga Global
BAB VIII LANDASAN DAN RASIONAL PKN DI INDONESIA
- Landasan PKn Di Indonesia
- Karakteristik dan Perkembangan PKn Di Indonesia
- Tujuan dan Materi PKn Di Indonesia
- Pendekatan, Metode dan Penilaian PKN Di Indonesia
DAFTAR PUSTAKA
12. BUKU FILSAFAT PANCASILA
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I ISI DAN ARTII FILSAFAT
- Pendekatan Etimologis
- Perkembangan Beberapa Aliran
- Pendekatan Objektif
- Definisi Akumulatif
BAB II DEFINISI FILSAFAT PANCASILA
- Pengertian Pancasila sebagai Sistem Filsafat
- Mengapa Pancasila Disebut Filasafat
- Landasan Ontologis, Epistemologis, Aksiologis dan Antropologis Pancasila
BAB III SEJARAH PANCASILA
- Nama Pancasila
- Sejarah Terjadinya Pancasila
- Tempat Pancasila
- Rumusan Pancasila
BAB IV PANCASILA SEBAGAI TRADISI DAN PEMBAHARUAN
- Tradisi dan Pembaharuan dalam Kebudayaan
- Tahap-tahap Kebudayaan
- Kebudayaan Indonesia sebagai Sumber Pancasila
- Pancasila sebagai Pencerminan Pembaharuan
BAB V PERGERAKAN NASIONAL SEBAGAI LATAR BELAKANG HISTORIS PERUMUSAN PANCASILA
- Perjuangan Kemerdekaan dan Keagamaan
- Perjuangan Kemerdekaan Menuju Kesetaraan Antar Bangsa
- Perjuangan Menuju Terbentuknya Negara Nasional Indonesia
- Perjuangan Menuju Kedaulatan Rakyat
- Perjuangan Menuju Keadilan Sosial
BAB VI ISI RUMUSAN SILA-SILA PANCASILA
- Isi Pancasila Dirumuskan Secara Ilmiah
- Isi Pancasila Dirumuskan Secara Konkrit
BAB VII BUTIR-BUTIR YANG TERKANDUNG DALAM SILA-SILA PANCASILA
BAB VIII REFLEKSI ATAS MUATAN SILA-SILA PANCASILA
- Muatan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
- Muatan Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
- Muatan Sila Persatuan Indonesia
- Muatan Sila Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan
- Muatan Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
DAFTAR PUSTAKA
BUKU EVALUASI PENGAJARAN PKN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
Leave a comment